Home » GLOSARIUM » Pengertian Virtual Office
Virtual Office
image via www.youtube.com

Pengertian Virtual Office

Kanal Glosarium kali ini akan membahas mengenai Pengertian Virtual Office. Mungkin saja ada sebagian dari Anda yang memang belum mengetahui beberapa istilah yang sekarang mulai muncul di dalam dunia bisnis modern.

Virtual Office kini mulai merebak dan menjadi tren bagi kalangan bisnis khususnya startup yang menginginkan manajemen kantor dengan biaya yang lebih hemat.

Virtual Office atau Kantor Virtual sendiri adalah sebuah kantor yang tidak berbentuk secara fisik. Iya, V.O ini sesuai namanya bisa berjalan secara virtual atau maya. Tidak ada gedung, ruang kerja dan sejenisnya.

Jika kantor konvensional pasti kan ada yang namanya gedung untuk kantor, lalu di dalamnya ada aktifitas pegawai, customer, dan lainnya. Nah, di Virtual Office itu mencoba untuk meniadakan elemen-elemen tersebut.

Lalu cara kerjanya melalui apa? Ya melalui sarana online atau digital.

Sebenarnya konsep Virtual Office ini tidak muncul baru-baru ini. Ralph Gregory adalah orang pertama yang menggagas aplikasi komersial ini pada 1994 silam di Colorado, Amerika Serikat.

Hingga pada akhirnya Virtual Office mulai berkembang ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Banyak pelaku bisnis yang menyambut baik adanya Virtual Office ini, mengingat dengan tools ini mampu menghemat biaya operasional dan administrasi perkantoran. Bayangkan saja, dengan VO maka tidak perlu bayar sewa gedung, listrik, dan biaya lainnya.

Kebutuhan menajemen dan administrasi seperti Call Center, dokumen, dan lainnya telah tersedia secara online. Untuk menyimpan dokumen pun sudah ada databasenya.

Apabila ingin mengadakan meeting, maka penyedia Virtual Office sudah memiliki peralatannya secara lengkap. Tinggal penyewa VO menyewa ruangan tersebut untuk bisa digunakan sesuai waktu yang telah ditetapkan.

Saat ini di Indonesia sudah banyak jasa Virtual Office, mayoritas memang berada di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Karena memang keberadaan VO ini sangat membantu sekali terutama di daerah yang sangat ramai dan macet. Efektifitas sangat diutamakan.

Apa Saja Keuntungan Virtual Office?

Jelas, sangat banyak manfaatnya.

1. Menghemat Biaya Operasional

Seperti yang disebutkan di atas, dengan menggunakan Virtual Office maka akan lebih menghemat biaya operasional. Tidak perlu sewa gedung perkantoran yang mahal, berkurangnya biaya perawatan gedung, dan lainnya.

2. Hemat Waktu

Karena Virtual Office bisa dilakukan di mana saja tanpa harus datang ke kantor. Sehingga tidak masalah di luar macet, urusan kantor pun bisa dilakukan dengan cepat dengan sarana online.

3. Bangga dan Meningkatkan Kepercayaan

Setiap pelaku bisnis pasti akan bangga jika memiliki perusahaan. Dengan bantuan Virtual Office ini mimpi pelaku bisnis untuk memiliki sebuah kantor bisa tercapai dengan cepat. Dengan biaya yang murah sudah bisa memiliki kantor. Apalagi saat ini keberadaan Virtual Office juga sudah diakui dan dianggap biasa. Meski Virtual Office, tapi nanti akan mendapatkan nomor telepon perusahaan dan alamat perusahaan dan itu biasanya terletak di jantung bisnis ibukota, Central Business District yang bergengsi.

4. Menarik Minat Klien

Dengan memiliki Virtual Office maka strata bisnis Anda akan naik satu tingkat, sehingga ini akan membuat klien juga mulai melirik bisnis Anda untuk bisa bekerja sama.

Itulah pengertian Virtual Office yang bisa Anda jadikan referensi. Saat ini banyak penyedia layanan Virtual Office di kota-kota besar. Silahkan Anda cari yang sesuai dengan selera Anda.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × four =