Home » GLOSARIUM » Pengertian Tabungan
Tabungan

Pengertian Tabungan

Siapa di sini yang belum menabung? Ayo nabung dong, nabung itu membuat dampak yang positif bagi kehidupan kita. Misalnya kita tidak berlaku hidup boros, suka berhemat, punya simpanan (uang) banyak, dll.

Tapi sudahkah Anda tahu pengertian tabungan itu apa? Jika belum mari kita bahas di sini.

Tabungan adalah simpanan uang yang berasal dari pendapatan yang tidak dibelanjakan dan bisa dilakukan oleh perorangan maupun instansi tertentu. Simpanan uang (tabungan) ini bisa diambil kapan saja tanpa terikat oleh waktu. Bahkan bisa ditarik tunai secara mandiri melalui fasilitas ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang diberikan oleh berbagai bank.

Ketika menabung di bank, biasanya nasabah akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti Buku Tabungan, Kartu ATM, Layanan Internet & Mobile Banking, serta beberapa layanan lain sesuai dengan kebijakan masing-masing bank.

Simpanan uang tabungan ini tidak bisa ditarik melalui Cek, Bilyet Giro dan penarikan lainnya.

Hal ini juga sudah tertera pada Undang-undang No.10 Tahun 1998 Tentang Perbankan, Tabungan ialah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan /atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu.

Untuk sarana penarikan tabungan ini hanya bisa dilakukan melalui : Buku tabungan, Slip Penarikan, ATM, Slip Transfer, Layanan Internet & Mobile Banking, dan sejenisnya.

Ada beberapa faktor yang menjadi perbedaan tingkat tabungan :

1. Pendapatan Masyarakat. Tinggi rendahnya pendapatan masyarakat menyebabkan tingkat tabungan yang berbeda setiap orangnya.
2. Suku Bunga Bank. Banyak masyarakat yang memperhatikan suku bunga bank ini untuk memutuskan menabung atau tidak. Karena ada masyarakat yang tidak suka dengan adanya suku bunga bank.
3. Tingkat Kepercayaan. Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap bank juga mempengaruhi tingkat tabungan.

Biasanya tujuan orang menabung adalah untuk menyisihkan sebagian dari hasil pendapatannya yang bisa digunakan untuk jangka pendek – menengah. Jika untuk jangka panjang, nasabah sering memilih menggunakan investasi lain.

Baca juga: Pilihan Investasi Pendidikan Untuk Anak Anda

Jika Anda menabung di bank, pasti akan mendapatkan yang namanya bunga. Tahukah Anda dari mana perhitungan bunga tabungan ini? Yuk di simak, agar Anda tahu berapa bunga tabungan Anda, sehingga bisa mengambil bunga tersebut jika tidak diinginkan.

Ada 3 metode dalam perhitungan bunga tabungan :

1. Metode saldo terendah.
Perhitungan ini memiliki rumus jumlah saldo terendah pada bulan laporan dikalikan dengan suku bunga per tahun lalu dikalikan jumlah hari pada bulan laporan selanjutnya dibagi jumlah hari dalam setahun. Jadi seperti ini, Bunga Tabungan Bulan September = …% x 30/365 x Saldo Terendah Bulan September

2. Metode Perhitungan Bunga berdasarkan saldo rata-rata.
Dalam metode ini saldo rata-rata didapat dari jumlah saldo akhir tabungan dalam bulan laporan dibagi jumlah hari dalam bulan laporan. Bunga tabungan bulan September = jumlah saldo akhir bulan september / 30

3. Metode Perhitungan berdasarkan Saldo Harian.
Untuk metode ini bunga dalam sebulan dihitung dengan menjumlahkan bunga tiap harinya (akumulasi bunga harian).

Nah, itu beberapa penjelasan dan pengertian tabungan secara singkat. Semoga bermanfaat dan mari budayakan menabung.