Home » BISNIS ONLINE » Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan di Bukalapak?
Image via ziliun.com

Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan di Bukalapak?

Sebagai pelapak, tentunya Anda harus punya cara untuk meningkatkan penjualan di Bukalapak. Apalagi produk yang Anda jual sudah banyak dijual oleh pelapak-pelapak lain di Bukalapak. Persaingan kualitas produk dan harga sangat diperhitungkan.

Lalu bagaimana caranya?

#1 Buat Judul Yang Lengkap & SEO Friendly

Judul adalah bagian pertama yang dilihat oleh pembeli. Jika judul tidak jelas, maka pembeli pun juga enggan melihat produk Anda. Untuk itu berikan judul yang lengkap dan mewakili produk Anda.

Misalnya : Kemeja Batik Pria Motif Wayang – Batik Tulis

Judul ini memberikan informasi bahwa yang Anda jual adalah kemeja batik untuk pria dengan motif wayang dan merupakan batik tulis, bukan batik cap atau cetak. Dengan demikian pembeli akan langsung paham ketika membaca judul produk Anda.

Tidak hanya itu, untuk mengoptimalkan dari sisi mesin pencari (Search Engine Optimization), judul juga perlu Anda buat dengan kombinasi kata kunci. Contoh judul di atas sudah cukup baik dari sisi SEO. Karena di sana ada kata kunci : kemeja batik, batik pria, batik tulis, kemeja batik pria, batik pria motif wayang, dan long tail keywords sangat baik untuk mengoptimalkan sebuah toko online.

#2 Lengkapi Fitur Lapak di Bukalapak

Ketika Anda membuka lapak di Bukalapak pasti akan ada fitur seperti deskripsi lapak, cover lapak, dan lainnya. Nah, lengkapi fitur-fitur tersebut dengan lengkap dan sesuai dengan usaha Anda. Untuk gambar header, buatlah gambar yang dilengkapi dengan foto produk Anda. Ini akan meningkatkan kepercayaan pembeli.

#3 Usahakan Memasang Foto Asli

Untuk beberapa produk yang memungkinkan untuk menggunakan foto asli, ya sebaiknya harus dipasang foto asli produk yang Anda jual. Tapi jika tidak, misalnya berjualan wall sticker, bisa dengan memasang gambar yang ada diinternet.

Tapi usahakan tetap disertai dengan foto produk yang asli sebagai pendukungnya. Karena dengan memasang foto yang asli, akan menambah kepercayaan pembeli dan membuat pembeli yakin dengan produk yang Anda jual.

#4 Deskripsi Produk Jelas

Isilah deskripsi produk dengan jelas. Bisa diisi dengan spesifikasi dan bahan produk Anda. Bisa juga diisi dengan cara pemakaian atau pemasangan. Intinya buat deskripsi agar pembeli lebih paham dengan produk yang Anda jual.

#5 Harga Yang Wajar

Jika produk Anda bukan produk kerajinan (handmade) dan itu sudah banyak yang menjualnya di Bukalapak, maka Anda harus melihat harga-harga yang dijual oleh pelapak lain. Tujuannya agar Anda bisa mendapatkan harga yang sesuai, tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah. Sekali lagi, pembeli di marketplace sekarang ini pandai-pandai. Mereka bisa memilih mana yang murah dan bagus.

Tapi jangan khawatir, jika Anda ingin memberikan harga yang lebih mahal dari kompetitor, pastikan kualitas produk dan layanan Anda lebih baik.

#6 Gunakan Layanan Push

Jika Tokopedia buka layanan Gold Merchant dan Top Ads, di Bukalapak ada layanan Push. Layanan ini untuk membantu ‘menyundul’ lapak Anda agar berada di posisi pertama pada halaman daftar barang. Untuk menggunakan fitur push ini Anda harus mengisi saldo BukaDompet terlebih dahulu. Biayanya beragam.

Paket Push

Selain fitur Push, juga ada fitur Push Keyword.

Fitur ini hampir sama dengan fitur Push tapi yang ini menggunakan keyword atau kata kunci. Misalnya Anda berjualan baju batik, nah Anda ingin ketika pembeli mengetik di kotak pencarian dengan kata “baju batik” maka produk-produk Anda yang muncul di posisi pertama. Nah, agar bisa seperti itu Anda bisa memanfaatkan fitur Push Keyword ini. Anda tinggal memilih kata kunci yang sesuai produk Anda agar bisa disundul dan produk-produk Anda semakin banyak dilihat pembeli.

Berdasarkan riset, pembeli lebih suka produk yang berada di posisi pertama (halaman pertama). Jadi, manfaatkanlah fitur ini meskipun Anda harus membayar biaya iklan ini.

#7 Sering-sering Online

Ketika Anda sebagai pelapak jarang online, maka akan mudah dilihat oleh pembeli. Karena ada fitur terakhir kapan Anda online. Nah, jika Anda jarang online dan pembeli melihatnya, maka membuat pembeli enggan untuk membeli produk di tempat Anda. Mereka menganggap Anda tidak responsive dan cepat. Untuk itu jika Anda benar-benar ingin berjualan di Bukalapak, pastikan untuk sering-sering online.

Itu beberapa tips yang bisa Anda jadikan referensi untuk meningkatkan penjualan di Bukalapak.